Sunday, March 3, 2019

Jenis Ranah Afektif

Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah …, Tipikal berpikir berkaitan dengan ranah kognitif, tipikal berbuat berkaitan dengan ranah psikomotor, dan tipikal perasaan berkaitan dengan ranah afektif . Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, atau nilai. Ketiga ranah tersebut merupakan karakteristik manusia sebagai hasil belajar dalam bidang pendidikan., 18/10/2012  · Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku., Bagaimana pentingnya penilaian afektif ? Apa jenis dan tingkatan ranah afektif ? Bagaimana Penyusunan instrumen Afektif , skala yang digunakan dan teknik penskorannya? Tujuan Penulisan; Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk: Menjelaskan pengertian afektif dan penilaian afektif . Menjelaskan pentingnya penilaian afektif, Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah …, 25/11/2015  · Hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif akan menjadi hasil belajar psikomotor apabila peserta didik telah menunjukkan perilaku atau perbuatan tertentu sesuai dengan makna yang terkandung dalam ranah kognitif dan ranah afektif . Ranah psikomotor menjadi lebih …, Evaluasi ranah afektif . ... Yang terpenting, apapun jenis penilaian (pengukuran) yang digunakan, dalam perspektif PBK, dan proses penilaian perlu mendasarkan pemahaman pada tata urut rumusan yang telah digariskan dalam pengembangan silabus dan sistem penilaian, yaitu dimulai dari identifikasi, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok ..., Dalam sistem pendidikan nasional rumusan tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler maupun tujuan instruksional, menggunakan klasifikasi hasil belajar dari Benyamin Bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah , yakni ranah kognitif, ranah afektif , dan ranah psikomotorik., 12/04/2012  · Ranah Afektif . Siswa dapat dengan aktif menanggapi pertanyaan atau memberikan feedback dari guru minimal 3 pertanyaan dalam 3 mata ajar di kelas. 3. Ranah Psikomotor. Siswa dapat melakukan 3 pukulan bola dengan tongkat stik dalam 5 kali percobaan lemparan dalam olahraga kasti.

No comments:

Post a Comment